Jumat, 15 Oktober 2010

[sharing] Guitar Effect Simulation's Software

Petunjuk ;;



Tutorial Sederhana : How to connect your guitar to PC/Notebook
by : lonelysome

Disini sekedar sharing aja...mengenai software simulasi effect guitar yang dipakai secara Standalone atau melalui Digital Audio Workstation (DAW) yaitu VST. Dengan software berikut kita dapat memainkan gitar dengan effect simulasi di PC atau Laptop.



Mengenai cara pemakaian software ini silahkan tanya disini atau bertanya untuk informasi yang lebih lanjut ke : Mainin Gitar Listrik Lewat Komputer



thx buat bro AtTheDrive-In, nais pic and inpoh

Quote:
Gitar Effect
sumber wikipedia

Sementara besarnya suara gitar akustik bergantung pada getaran bodinya yang diperlengkapi dengan ruang udara, besarnya suara sebuah gitar listrik bergantung pada induksi sinyal listrik magnetik yang ditimbulkan oleh senar logam yang dekat ke pickup. Signal tersebut dibentuk dalam alurnya menuju ke sebuah amplifier menggunakan seperangkat sound effect untuk memodifikasi nada dan karakteristik signal. Sirkuit pembentukan suara yang paling umum adalah berupa kontrol volume, gain dan tone dan saklar pickup selektor yang ditemui hampir di semua jenis gitar listrik.

Tahun 1960 beberapa gitaris mulai mengeksplorasi sebuah cakupan yang lebih luas dalam efek penadaan dengan mendistorsikan suara, dengan menambahkan gain dan volume dari preamplifier yang menghasilkan suara yang samar (fuzzy). Efek ini disebut "clipping" oleh ahli suara karena ketika ditampilkan dengan osiloskop, bentuk gelombang signal yang didistorsi terlihat terpotong pada puncaknya.

Ini bukan sebuah perkembangan baru pada instrumen, tapi menghadirkan sedikit pergeseran dalam estetika. Tahun 1960 warna-warna penadaan pada gitar listrik selanjutnya dimodifikasi dengan mengenalkan sebuah effect box dalam alur signal, dibangun dalam sebuah casis logam dengan saklar on/of dengan kaki. Sepertinya stomp box telah menjadi bagian penting dalam banyak genre musik.

Secara tipikal sound efek meliputi stereo chorus, fuzz, wah-wah, flanging, compression/ sustain, delay, reverb dan phase shift. Tidak semua gitar efek berupa elektrnik tahun 1967, Jimmy Page dari The Yardbird dan Led Zepelin menciptakan psychedelic sound effect dengan memainkan gitar dengan sebuah penggesek biola dan memukul senar dengan penggesek tersebut. Tahun 1980 dan 1990, effect digital dan sotware effect mulai bisa mereplikasi effect analog. Efect digital ini mencoba suara yang dihasilkan effect analog dengan untuk memvariasikan derajat kualitasnya.

Begitu banyak program komputer untuk efect gitar bisa didownloud secara gratis via internet. Sekarang dengan memakai sebuah soundcard sebuah komputer bisa digunakan sebagai sebuah effect gitar digital. Tapi walau effect digital dan software effect banyak memberi keuntungan, banyak gitaris masih memakai effect analog.
kemudian mengenai amplifier...

Quote:
Amplifier
sumber wikipedia

Penguat (bahasa Inggris: Amplifier) adalah komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Dalam bidang audio, amplifier akan menguatkan signal suara (yang telah dinyatakan dalam bentuk arus listrik) pada bagian inputnya menjadi arus listrik yang lebih kuat di bagian outputnya. Besarnya penguatan ini sering dikenal dengan istilah gain. Nilai dari gain yang dinyatakan sebagai fungsi frekuensi disebut sebagai fungsi transfer.

Jadi gain merupakan hasil bagi dari daya di bagian output (Pout) dengan daya di bagian inputnya (Pin) dalam bentuk fungsi frekuensi. Ukuran dari gain, (G) ini biasanya memakai decibel (dB). Dalam bentuk rumus hal ini dinyatakan sebagai berikut:
G(dB)=10log(Pout/Pin)).

Pout adalah Power atau daya pada bagian output, dan Pin adalah daya pada bagian inputnya.

melalui DAW(Digital Audio Workstation) kita dapat merekam suara guitar(analog) kemudian mengubahnya menjadi suara digital melalui komputer.

Principle Operation

The audio signal from the input is transformed to the digital (a stream of numbers) in audio hardware and passed to a piece of computer memory, called buffers. Then it is modified according to a specific algorithm, which creates the desired effect. After this operation, the signal is transformed from digital to analog and sent to the output
Tentang Driver :



Ada beberapa driver yang digunakan oleh Windows sampai saat ini ada tiga yaitu MME, WDM & ASIO.

MME

Pada awalnya ada MME, tapi tanpa standard untuk high-performance dan oleh sebab itu dihindarkan oleh pengguna profesional, driver ini merupakan sebuah standard Microsoft yang mudah dalam pembuatan code nya.
Setiap aplikasi audio berdasarkan Windows akan begitu mendukung keberadaan ini, merupakan bagian yang dasar dari windows dan jika aplikasi tersebut tidak men support driver ini maka aplikasi-aplikasi ini tidak akan bisa berjalan. Jadi, jika kita tidak punya pilihan lain, kita dapat selalu memastikan bahwa setiap aplikasi audio akan menggunakan driver ini.

WDM

WDM adalah standard paling baru untuk driver multimedia di sistim operasi Windows. Dimulai dengan Windows ME dan dilanjutkan sampai Windows 2000 dan XP. Sekarang ada patches untuk membuat WDM berjalan di Windows 98 Second Edition. tapi ini tidak akan berjalan pada Windows 98 original release. Driver ini lebih tinggi kemampuannya daripada driver MME, sebanding dengan ASIO, berkemampuan seperti WDM yang sangat bergantung pada para pembuat Sound Card dan driver.

ASIO (Audio Streaming Input/Output)

ASIO adalah sebuah protokol transfer audio beragam channel yang digunakan oleh banyak peralatan MIDI.
Driver ASIO telah dikembangkan untuk high-performance dan low-latency yang ditujukan pengguna studio profesional. Oleh karena itu, ini bukan selalu sebuah pilihan, sedikit sound card dan program aplikasi musik mendukung ASIO. ASIO bukan suatu bagian default dari sistim Windows, driver ini dibuat oleh industri pihak ketiga, dan oleh sebab itu, dalam penggunaannya kita harus memastikan dua hal, pertama, sound card kita memiliki driverASIO sebagai bagian dari bundel driver nya, kedua, kita memastikan bahwa program aplikasi musik yang kita gunakan dapat mendukung ASIO dengan baik.



- D0WNL0AD ASi0 -

Semua program aplikasi Steinberg mendukung ASIO (merekan memainkan peranan besar dalam pembuatan ASIO), tapi Cakewalk, contohnya, tidak mendukung ASIO, jadi kita harus menggunakan driver WDM atau MME untuk sound card kita.

Dalam pengalaman pribadi, ASIO nampaknya menjadi driver yang paling baik dengan alat yang telah saya gunakan, tetapi driver ini dulunya kurang didukung oleh sound card dan program aplikasi musik, tapi seiring waktu, banyak sound card yang memulai menyertakan driver ASIO sebagai bagian dari paket penjualannya.

Banyak konsumen yang memiliki sound card tidak mempunyai driver ASIO yang adalah target sebuah studio musik, driver ASIO tidak diperlukan untuk Game, pemutar musik MP3, DVD dan yang lainnya berhubungan dengan tugas normal komputer. Jika kita ada pada situsai ini, kita bisa mencoba driver ASIO4All yang bisa digunakan untuk semua sound card standard.

- INDEXING LIST -
  1. Magix Vandal Guitar Amp + 1.104 PC + 1.104 MAC update
  2. Overloud Complete Plugins [MAC OSX]
  3. Overloud TH1 PC + MAC
  4. Overloud BREVERB
  5. MarkBass Studio1 PC or MAC
  6. GUITAR RIG 4
  7. Guitar Rig 4.0.7 MAC OSX
  8. AudioEase Cabinet
  9. Peavey Revalver Mark III
  10. All AmpliTube Products +( CSR, TRackS3)
  11. AmpliTube 3.0 + 3.0.2 update
  12. Amplitube 2
  13. Amplitube 2.1.2 + Jimi Hendrix 1.0.1
  14. Amplitube Jimi Hendrix
  15. AmpliTube Fender
  16. AmpliTube X-GEAR
  17. IK Multimedia Ampeg SVX
  18. IK Multimedia Amplitube Metal
  19. AmpliTube 2 Live
  20. Studio Devil Amp Modeler Pro
  21. Studio Devil Virtual Guitar Amp - SDAMP II
  22. StudioDevil Virtual Bass Amp V1.2
  23. SOFTUBE PLUGINS PACK
  24. Softube Metal Amp Room
  25. Softube Vintage Amp Room
  26. Softube Bass Amp Room
  27. Softube Vintage Amp
  28. Mokafix Audio Cream Tube 1.3
  29. Mokavix Audio VST PACK
  30. Focusrite Guitar FX Suite
  31. Ultrawave Guitar Multi FX
  32. Waves GTR3
  33. RIFFWORKS
  34. Acoustic Feedback
  35. WaveArts TubeSaturator
  36. TriTone Digital VALVETONE
  37. Acustica Audio Nebula3
  38. Image Line Hardcore
  39. Bass Integrated Gain
  40. Mellowmuse Mellowhead
  41. D16 Group Redoptor
  42. db audioware Flying Haggis
  43. Nomad Factory Rock Amp Legends
  44. BBE StompWare Bundle
  45. WOK RackTube VST 1.0
  46. Mason Software Dammit Distortion
  47. Mellowmuse VST Pack
  48. Kuassa Amplifikation One
  49. Free VST PLUGINS Pack 1 by willgand
  50. Free VST PLUGINS Pack 2 by willgand
  51. Chrome Tone
  52. Digidesign Eleven RTAS TDM OSX iNTEL
  53. Plektron Guitar Amp
  54. Brainworx ShreadSpread
  55. Studio Devil Amp Bass Suite Mobile USB
  56. BBE Sound All Plugins Bundle

request and report dead link here !

how to say thanks?

klik gambar item nya gan...itu source nya...kalo mau say thx.

mengenai pass dan requirements bisa masuk homepage ato source nya gan...

mari kita bermain gitar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf apabila komentar sobat tidak direplay karena kesibukan pribadi saya.

berbahasa yang sopan, no spam dan respect yang baik adalah ciri blogger sejati...